MACAM-MACAM ALIF LAM ( ال )
بســـم اللّٰـه ،
*ال ( الألـف والـلام )*
Beberapa Jenis Alif Lam ( ال )
Alif Lam itu :
- Ada yang untuk me-ma'rifah-kan suatu hal yang dikenal / diketahui, atau sesuatu yang tertentu,
disebut :
ال الـعَــهْــدِيَّــةُ
*_Alif Lam 'Ahdiyyah_*
- Ada yang untuk me-ma'rifah-kan Jins (jenis),
disebut :
ال الـجِــنْــسِــيَّــةُ
*_Alif Lam Jinsiyyah_*
- Ada yang merupakan tambahan,
disebut :
ال الـزَائِــدَةُ
*_Alif Lam Zaidah_*
- Ada yang merupakan ism mawshul,
disebut :
ال الـمَــوْصُــوْلِــيَّــةُ
*_Alif Lam Mawshuliyyah_*
~ ~ ~ ~ ~
ال الـعــهــديّــة
>> *Alif Lam 'Ahdiyyah*
Ada 3 macam :
~
1)
لـلـعـهـد الـذكـريّ
_*Lil-'Ahdi adz-Dzikriyy*_
yakni ال yang didahului penyebutan ism nya dalam ucapan
misal :
جاءَنِي ضيفٌ فأكرمتُ *الـضـيـفَ*
_"Seorang tamu mendatangi saya, lalu saya memuliakan tamu itu"_
yakni الضيف yang disebutkan sebelumnya ( ضيف )
~
2)
لـلـعـهـد الـحـضـوريّ
_*Lil'-Ahdi al-Hudhuriyy*_
yakni ال yang ism nya itu _hadhir_ (berada padanya)
misal :
جئتُ *الـيـومَ*
_"Ahmad datang pada hari ini"_
yakni اليوم (hari) dimana kita berada padanya
~
3)
لـلـعـهـد الـذهـنـيّ
_*Lil'-Ahdi adz-Dzihniyy*_
yakni ال yang ism nya itu diketahui maksud dzat nya dalam pikiran / ingatan,
sehingga pikiran akan langsung mengarah pada dzat / individu tertentu yang dimaksud dari ism tsb ketika diucapkan
misal :
جاء *الـرجـلُ*
_"Lelaki itu telah datang"_
yakni الرجل (lelaki) ini diketahui orangnya secara ingatan / fikiran dalam pembicaraan tersebut,
lelaki yang tertentu
~ ~ ~ ~ ~ ~ ~
ال الـجــنــســيّــة
>> *Alif Lam Jinsiyyah*
Ada 2 macam :
~
1)
لـلاســتــغــراق
_*Lil-Istighraq*_
yakni untuk mencakup seluruhnya :
- mencakup semua individu / dzat pada jenis tersebut
misal :
خُلق *الإنـسـانُ* ضعيفا
_"Manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah"_
yakni setiap individu dari manusia ( الإنسان ), semuanya
maupun
- mencakup semua kekhususannya
misal :
أنت *الـرجـلُ*
_"Engkaulah sang lelaki"_
yakni terkumpul padamu semua sifat lelaki (sifat yang khusus pada lelaki)
~
2)
لـبـيـان الـحـقـيقـة
*_Li-Bayani al-Haqiqah_*
yakni untuk menjelaskan hakekat _jins_ (jenis), substansi dan tabiat / karakternya
tanpa melihat keadaan semua individu nya
misal :
*الإنـسـانُ* حيوانٌ ناطقٌ
_"Manusia itu makhluk hidup yang berbicara"_
yakni hakikatnya manusia itu berakal & cerdas
tapi (kenyataannya) tidak semua manusia demikian
~ ~ ~ ~ ~ ~ ~
.
ال الـزائــدة
>> *Alif Lam Zaidah*
Terkadang Alif Lam itu merupakan *tambahan*,
yakni ال itu ditambahkan pada lafazh-lafazh tertentu yang *ma'rifah*
sehingga ال itu tidak menjadikan ma'rifah pada ism tersebut
(karena asalnya sudah ma'rifah)
Penambahan ال tersebut :
- ada yang keadaannya _lazimah_ (tetap, selalu ada)
seperti pada nama :
اللَّاتُ ، العُزَّى ، السَمَوْأَلُ ، اليَسَعُ
atau pada ism mawshul :
الَّذِيْ ، الَّتِيْ ، ...
&
- ada yang keadaannya _ghayru lazimah_ (tidak tetap)
seperti pada nama-nama :
الحَارِث ، الفَضْل ، النُعْمَان ، الرَشِيد ، الوَلِيد
Tambahan ال ini _sama'iyy_, dari mendengarkan ucapan orang Arab,
tidak bisa dikiaskan / diterapkan pada nama-nama lain
Tidak dikatakan misalnya :
المُحَمَّد ، الصالح ، الأحـمـد
dst
~ ~ ~ ~ ~ ~ ~
ال الـمــوصــولــيّــة
>> *Alif Lam Mawshuliyyah*
Terkadang Alif Lam ال itu merupakan ism mawshul
dengan satu lafazh (yakni ال ) untuk semuanya : _mufrad, mutsanna, jama', mudzakkar & muannats_
Alif Lam ini masuk (hanya) pada *_ism fa'il_* dan *_ism maf'ul_* saja,
dengan syarat : *tidak dimaksudkan untuk _'ahdiyyah_ maupun _jinsiyyah_*
misal :
أَكْـرِمْ *الـمُـكْـرِمَ* ضَـيْـفَـهُ
= الَّـذِي يُـكْـرِمُ ضَـيـفَـه
_"Muliakanlah orang (laki-laki) yang memuliakan tamunya"_
أَكْـرِمْ *الـمُـكْـرِمَـةَ* ضَـيْـفَـهـا
= الَّـتِـي تُـكْـرِمُ ضَـيـفَـهـا
_"Muliakanlah perempuan yang memuliakan tamunya"_
أَكْـرِمْ *الـمُـكْـرِمِـيْـنَ* ضَـيُـوفَـهُـمْ
= الَّـذِيْـنَ يُـكْـرِمُـونَ ضَـيُـوفَـهُـمْ
_"Muliakanlah orang-orang yang memuliakan tamu-tamu mereka"_
dst
Alif Lam Mawshuliyyah ini tidak masuk pada _shifah musyabbahah_, _shighah mubalaghah_ maupun _ism tafdhil_
Jadi kalau ada ال yang masuk pada 3 jenis ism tsb
maka itu bukan ال mawshuliyyah,
tapi ال untuk ma'rifah
~ ~ ~ ~ ~ ~ ~
.
و اللّٰه أعلم
Sumber rujukan
_Jami'ud Durus al-Arabiyyah_
[Al-Ustadz Tajuddin hafizhahullahu]
Komentar
Posting Komentar