Mubtada' adalah inti/pokok kalimat, ia yang dibicarakan, sedangkan Khobar menjelaskan dan melengkapi Mubtada'sehingga menjadi Jumlah Mufidah

Mubtada' adalah inti/pokok kalimat, ia  yang dibicarakan, sedangkan Khobar menjelaskan dan melengkapi Mubtada'sehingga menjadi Jumlah Mufidah

Soal:
Assalamu'alaikum.
Afwan Ustadz, izin bertanya,
Saya terkadang masih bingung Ustadz, menentukan mana _Mubtada_ dan mana _Khobar_ dalam kalimat yang diawali oleh _Ism Istifham_.

Misal :

من ربكم؟

Kan jawabannya bisa,

الله ربنا   /    ربنا الله

Pada kalimat الله ربنا, ini lafadz الله kedudukannya sebagai _Mubtada_ ya Ustadz?

Terus pada kalimat ربنا الله, ini lafadz الله kedudukannya sebagai _Khobar_ ya Ustadz?

Terus menentukan kalimat من ربكم, mana yang sebagai _Mubtada_, dan mana yang sebagai _Khobar_ itu bagaimana Ustadz?

Terus juga dalam kalimat yang diawali oleh _Zhorof_,

Misal :

أعندكم سيارة؟

Kan, jawabannya jika punya, maka dijawab :

نعم، عندنا سيارة

Jika tidak punya, maka dijawab :

لا، ما عندنا سيرة

Itu kan pada kalimat2 tersebut, lafadz عند sebagai _Khobar_ dan lafadz سيارة sebagai _Mubtada_ yang di akhirkan?

Ini cara menentukannya bagaimana Ustadz?
Apakah jika sebuah kalimat pertanyaan itu didahului oleh _Zhorof_, maka ia pasti _Khobar_-nya didahulukan dan _Mubtada_-nya diakhirkan?

Dijawab oleh Ustadz Tajuddin:

 وعليكم السلام

 Mubtada' itu yang menjadi pokok / intu dalam kalimat, 
 ia itu sesuatu yang dibicarakan

 Khabar itu yang menjelaskan & melengkapi mubtada' untuk menjadi _jumlah mufidah_

 Pada kalimat _istifhamiyyah_ :

 مَن ربّكم ؟

 Ini mubtada' nya adalah  ربّ , 
 karena ia pokok kalimatnya

 Jawabannya : 

 ربنا اللّٰه

 Lafazh  رب  itu mubtada'
 & _lafzhul Jalalah_ ( lafazh اللّٰه ) itu khabar

 Kalau kalimatnya :

 اللّٰه ربنا

 ini ada 2 kemungkinan : 

 1) Mubtada' :  رب (diakhirkan / muakhkhar)
     Khabar : _lafzhul Jalalah_ (didahulukan / muqaddam)

 atau : 
 
 2) Mubtada' : _lafzhul Jalalah_
     Khabar :  رب

 Keduanya bisa / memungkinkan

.
[Kemudian ...
 Iya, karena zharf itu bukan pokok kalimat, 
 jadi ia bukan mubtada' nya

 sama saja, dalam kalimat berita atau kalimat pertanyaan

 واللّٰه أعلم

Komentar