Mubtada' adalah inti/pokok kalimat, ia yang dibicarakan, sedangkan Khobar menjelaskan dan melengkapi Mubtada'sehingga menjadi Jumlah Mufidah
Mubtada' adalah inti/pokok kalimat, ia yang dibicarakan, sedangkan Khobar menjelaskan dan melengkapi Mubtada'sehingga menjadi Jumlah Mufidah
Soal:
Assalamu'alaikum.
Afwan Ustadz, izin bertanya,
Saya terkadang masih bingung Ustadz, menentukan mana _Mubtada_ dan mana _Khobar_ dalam kalimat yang diawali oleh _Ism Istifham_.
Misal :
من ربكم؟
Kan jawabannya bisa,
الله ربنا / ربنا الله
Pada kalimat الله ربنا, ini lafadz الله kedudukannya sebagai _Mubtada_ ya Ustadz?
Terus pada kalimat ربنا الله, ini lafadz الله kedudukannya sebagai _Khobar_ ya Ustadz?
Terus menentukan kalimat من ربكم, mana yang sebagai _Mubtada_, dan mana yang sebagai _Khobar_ itu bagaimana Ustadz?
Terus juga dalam kalimat yang diawali oleh _Zhorof_,
Misal :
أعندكم سيارة؟
Kan, jawabannya jika punya, maka dijawab :
نعم، عندنا سيارة
Jika tidak punya, maka dijawab :
لا، ما عندنا سيرة
Itu kan pada kalimat2 tersebut, lafadz عند sebagai _Khobar_ dan lafadz سيارة sebagai _Mubtada_ yang di akhirkan?
Ini cara menentukannya bagaimana Ustadz?
Apakah jika sebuah kalimat pertanyaan itu didahului oleh _Zhorof_, maka ia pasti _Khobar_-nya didahulukan dan _Mubtada_-nya diakhirkan?
Dijawab oleh Ustadz Tajuddin:
وعليكم السلام
Mubtada' itu yang menjadi pokok / intu dalam kalimat,
ia itu sesuatu yang dibicarakan
Khabar itu yang menjelaskan & melengkapi mubtada' untuk menjadi _jumlah mufidah_
Pada kalimat _istifhamiyyah_ :
مَن ربّكم ؟
Ini mubtada' nya adalah ربّ ,
karena ia pokok kalimatnya
Jawabannya :
ربنا اللّٰه
Lafazh رب itu mubtada'
& _lafzhul Jalalah_ ( lafazh اللّٰه ) itu khabar
Kalau kalimatnya :
اللّٰه ربنا
ini ada 2 kemungkinan :
1) Mubtada' : رب (diakhirkan / muakhkhar)
Khabar : _lafzhul Jalalah_ (didahulukan / muqaddam)
atau :
2) Mubtada' : _lafzhul Jalalah_
Khabar : رب
Keduanya bisa / memungkinkan
.
[Kemudian ...
Iya, karena zharf itu bukan pokok kalimat,
jadi ia bukan mubtada' nya
sama saja, dalam kalimat berita atau kalimat pertanyaan
واللّٰه أعلم
Komentar
Posting Komentar