PERTEMUAN DUA SUKUN Pada WAWU DAN NUN

PERTEMUAN DUA SUKUN Pada WAWU DAN NUN

Assalamualaikum, Ustad.
Sya mau bertanya,

. . . *كُنْ*ْ فَيَكُونُ (Yasin: 82)

قُلْنَا يَا نَارُ *كُونِي* بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ (Al-Anbiya: 69)

Di kedua ayat tsb. terdapat dua _fiil amr_ yang bermakna "Jadilah!" Namun berbeda dari segi ke _khitaban_ nya (كن _mudzakar_ & كوني _muannats_). Pertanyaannya kenapa/apa illah nya, ada penambahan wawu /و/ pada kata كوني yang ber _khitab muannats_ itu?

Terimaksih..

Dijawab oleh Al-Ustadz Tajuddin hafizhahullahu :

waalaykumussalam,

ya, itu terbalik,
bukan penambahan wawu pada  كوني ,
tapi menghilangkan wawu pada  كن

.

.

Asalnya fi'l sbb :

كَـانَ  -  يَـكُــوْنُ  -  كُــنْ

Pada fi'l madhi & terutama pada mudhari' itu tampak

bahwa *_'ayn kalimah_* fi'l tsb berupa huruf 'illah ( ا / و )

& aseli dr huruf illah tsb adalah huruf wawu ( و )
sebagaimana yg tampak pada mudhari' nya itu

Dari mudhari itu dibentuk menjadi fi'l amr,
hasil asalnya menjadi :
كُــوْنْ

Di situ bertemu dua huruf yg sukun,
yakni *wawu sukun* dan *nun sukun*

Seperti diketahui,
bahwa tidak bisa bertemu dua huruf sukun seperti itu

& krn huruf sukun yg pertama itu berupa huruf illah,
yakni *wawu*,

maka *wawu yg sukun* tsb dihilangkan

supaya tidak bertemu 2 huruf yg sukun seperti itu

sehingga itu menjadi :
كُــنْ

Ini untuk yg mudzakkar

Jadi :

أنـتَ :  تَـكُــوْنُ  -  كُــنْ

.

Untuk yg muannats :

أنـتِ :  تَـكُــوْنِــيْـنَ

Dibentuk amr menjadi :

كُــوْنِــيْ

Di sini tidak bertemu 2 huruf yg sukun,

sehingga *wawu* itu tidak dihilangkan,
tetap ada seperti aseli nya

.

Jadi, penghilangan huruf *wawu* itu disebabkan oleh pertemuan dua huruf yg sukun

* Bukan karena menjadi bentuk fi'l amr

.

Bukti lainnya :

أنـتـمـا :  تَـكُــوْنَــانِ  >>  كُــوْنَـا

أنـتــم :  تَـكُــوْنُــوْنَ  >>  كُــوْنُــوْا

.

Untuk jama' muannats :

أنـتـنَّ :  تَـكُــنَّ

Aslinya :

تَـكُــوْنْــنَ

Dihilangkan wawu krn bertemu dua huruf sukun,
& lalu di idgham :

تَـكُــنْــنَ  >>  تَـكُــنَّ

Dibentuk amr :

كُــنَّ

.

هـكـذا ولـلّٰـه الـحـمـد

Komentar